Selasa, 13 Oktober 2015

PERJUANGAN JOBSEEKER

Well, sejak wisuda bulan agustus kemaren aku udah kesana kemari masukin lamaran sebanyak-banyaknya ke beberapa perusahaan mau itu perusahaan buka lowongan apa engga aku coba masukin lamaran kesitu yah siapa tau ada rejeki kan tau-tau ada yang resign pas aku masukin lamaran jadi kan bisa dipanggil LoL Sebenernya ortu cuman ngijinin aku kerja di deket-deket rumah aja sih makanya yah perusahaan di sini terbatas banget, mentok-mentok aku ngelamar ke bank, hampir semua bank yang ada di Kuningan Cirebon malah aku kirim lamaran cuman yah katanya akhir tahu jarang-jarang yang buka lowongan tapi kan namanya usaha gaada salahnya yaaa hehe

Ini beberapa pengalaman aku interview di beberapa perusahaan

[Interview Kriya Mandiri Cirebon]

Aku masukin lamarannya pas ada jobfair di Islamic Center Cirebon. Lumayan banyak juga yang dateng dan masukin lamaran kesini secara bumn yaaa. Pas abis masukin lamaran besoknya ditelpon tuh sama hrd mandirinya suruh dateng jam 1 siang buat interview di kantor pusat Cirebon. Aku dateng bareng Caca yang dipanggi juga buat interview, cowo aku juga dipanggil tapi dia dapet jadwal jam 8 pagi, dan ternyata yang interview ada 4 kloter kebayang dong yang diinterview berapa orang T.T tapi tetep semangat siapa tau rejeki kan :D
Jam 12 aku sampe kantornya naik ke lantai 2 pas sampe sana udah banyak yang nunggu kebanyakan sih satu almamater sama aku sana sini kenal jadi asik banyak temen ngobrol haha nunggu lumayan lama sampe dipanggil jam setengah 3an gitu kalo gasalah padahal itu yang masuk 3orang loh sekali interview. Oke aku masuk kesana bareng 2orang cowo yang aku gakenal. Yang interviewnya satu orang bapak2 gitu kayanya kepala HRD. pertama biasa ditanya seputar diri sendiri, trus ditanya tentang makanan khas daerah masing2, ditanya seputar kuliah, bagaimana menjadi teller yang baik (aku ngelamar untuk posisi teller), dan banyak lagi lebih ke sharing sih di sini mungkin tujuan dari interview ini buat nyari tau kepribadian kita yak kayanya dan abis itu disuruh nunggu panggilan untuk tahap selanjutnya

[General Test Surya Madistrindo Cirebon]

Ini juga panggilan dari Job Fair yang sama kaya Mandiri, Aku ngelamar buat posisi Admin, pas masukin lamaran tunggu bentar langsung diumumin siapa yang lolos tahap administrasi. Aku bareng cowoku dapet jadwal tes minggu depannya. Langsung deh minggu depannya aku dateng ke kantornya sampe kesana di pos satpam dikasih Id card sama form buat ngisi data diri. Beres ngisi form kita diajak ke lantai 2 buat test, galangsung test deng pas sampe kesana kita dibimbing sama Bu Rizki doi kayanya bagian HRD gitu trus dijelasin kalo Surya Madistrindo itu distributor resminya Gudang Garam, trus dijelasin juga jobdesk pekerjaannya nanti kaya gimana. Abis dijelasin panjang lebar baru deh dikasih soal General Testnya kira2 ada 100 soal dibagi 3 sesi. General Test ini mirip2 psikotes sih cuman lebih mudah dari psikotes gaterlau ribet dan waktunya lebih singkat. Sesi pertama itu soalnya itung-itungan gitu ngerjainnya harus cepet karna waktunya terbatas. Abis itu tes sinonim-antonim, dan yang ketiga itu deret huruf. Beres test seperti biasa disuruh tunggu panggilan tahap selanjutnya.

[Walk in Interview + Psikotes awal KPSG]

KPSG ini vendor yang nyalurin karyawan ke beberapa perusahaan BUMN di Indonesia, waktu itu aku masukin buat posisi CS di BRI. Walk in Interviewnya diadain pas ada Jobfair di Kuningan, singkat banget sih cuman ditanya kenapa mau jadi CS trus apa aku cocok jadi CS dan apa alasannya udah ga sampe 5 menit -,- sorenya langsung dapet sms buat psikotes awal besok. Aku masukin lamaran bareng Caca sama Rhiyanti dan mereka juga dapet sms yaudah alhamdulillah ada temen haha 
Besoknya aku langsung otw ke tempat tes bareng Caca kita dapet jadwal psikotes jam 11 sedangkan Rhiyanti dapet jadwal jam 9. Testnya lumayan singkat sekitar 1-1,5jam. Isi testnya itu ada test PAPI, sinonim-antonim, deret gambar, suruh bikin gambar pohon dan test Kraeplin atau Pauli.

[Interview BRI Kantor Cabang Kuningan]

Awalnya aku kira ini test kelanjutan dari KPSG tapi ternyata ini panggilan buat lamaran yang aku kirim ke KPSS (Vendor BRI juga) buat posisi teller, Yah BRI ini emang banyak vendornya yaaa tapi KPSS ini anak perusahaan yang berada di bawah naungan BRI langsung. Saking banyaknya surat lamaran yang aku kirim jadi bingung gini T.T tapi kan kata pepatah banyak jalan menuju Roma yang penting nyampe sana :D Oke sampe kantornya aku disuruh naik ke lantai 3, sampe sana lumayan banyak juga yang dipanggil interview mungkin sekitar 20orang dan ngobrol2 sama sebelah malah ternyata ada jawal interview jam 1 juga. Sebelumnya kita disuruh isi surat pernyataan kalo kita gapunya saudara inti yang kerja di BRI kaya orangtua ato sodara kandung, abis itu dipanggil ke ruangan buat cek kelengkapan dokumen lamaran, difoto sama mas-masnya, ukur tinggi sama berat badan trus suruh nunggu di lantai 2. Giliran aku tiba, aku diinterview sama 3orang pejabat BRI kayanya bagian HRD sama kepala divisi gitu. Pertanyaannya sih standar pertama suruh perkenalkan diri sambil berdiri, trus ditanya seputar BRI, apa aja produk2nya, ditanya kenapa ingin berkarir di BRI, trus karna aku lulusan akuntansi jadi ditanya sekilas seputas akuntansi mengenaik aktiva dan pasiva. Beres interview disuruh nunggu juga nih buat tahap selanjutnya semoga aku dapet rejeki di sini secara BRI cabangnya tersebar hampir di tiap kecamatan ya jadi kesempatan berkarirnya juga pasti lebih besar :)

[Aptitude Test PT PUSRI Tbk]

Aku masukin lamaran ke PUSRI via online di internet dan lolos administrasi dapet panggilan buat test di Jakarta. Ini pertama kalinya aku ikut test kerja di luar kota. Oiya PT PUSRI atau PT Pupuk Sriwidjaja ini salah satu BUMN besar di Indonesia dan kantor pusatnya ada di Palembang. Aku ikut test lokasi di Jakarta Pusat yaitu di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi-Lembaga Administrasi Negara. Setelah nego sama mamah beliau ngijinin aku ikut test buat pengalaman aja kan lumayan mah hehe pengalaman banget nih ikut test ini, aku kesana bareng temen kuliah 8orang naik mobil cewenya aku sama Caca doang yang ikut.
Berangkat jam 2 dari Cirebon via Cipali sampe ke lokasi test jam 7 malem, kita langsung dateng ke gedung STIA-LAN buat cek lokasi tes soalnya besok kita test jam 7.30 pagi. Beres cari lokasi kita cari makan di sekitar situ abis itu aku sama Caca bingung deh mau tidur di mana secara kita kan cewe kalo cowo gampang lah tidur di masjid, dan ternyata kos2an atau losmen sekitar situ fullbooked saking banyaknya peserta yang ikutan test terpaksa kita tidur di mesjid sekitaran kampus dan Alhamdulillah dapet ijin lumayan banyak juga cewek yang pada tidur di mesjid gara-gara gadapet tempat tidur T.T asli ini semaleman gabisa tidur karna pake alas karpet masjid doang + dikerubungin puluhan nyamuk berisik. Besoknya pagi-pagi solat subuh siap-siap sarapan kita masuk lokasi test jam 7.30. Aptitude test ini terdiri dari 100 soal dengan waktu 2jam. Isi soalnya beragam ya ada soal Sejarah, Pengetahuan Umum, Akuntasi (kalo ini sesuai jurusan kuliah kita), Matematika, Soal-soal logika, dan terakhir itu test kepribadian jadi kita suruh cari jawaban yang paling mendekati kepreibadian kita. Beres test kita langsung cus pulang Cirebon lagi.

Yah itu dia pengalaman aku ikut test2 kerja sampai sekarang aku masih nunggu panggilan buat tahap-tahap selanjutnya atau panggilan test kerja dari perusahaan lain. Kalo lagi jadi jobseeker gini harus banyak-banyak doa, sabar, jangan pernah patah semangat pokonya InsyaAlloh rejeki sudah Alloh atur yang penting kita usaha :) *fightiiing*

1 komentar:

  1. Sekarang masih sering pake masker teh hijau kak?

    Gimana wajahny skrng?

    BalasHapus